Archeage online, Cara Efektif Mengelola Labor Harian


Archeage merupakan game epic fantasy MMORPG dengan based free to play atau gratis. Tapi kalau kita murni free to play, awal perkembangan akan terasa sangat lambat karena tidak memiliki patron. Dibawah ini akan dibahas tentang game archeage dan caranya untuk menghasilkan uang.

Tentunya cara menghasilkan uang di game ini sangat bergantung juga pada cara efektif mengelola labor dan cara farming yang tepat.

Lihat juga: Cara Farming Gold Archeage Tercepat ala kangRuna

  1. Game archeage memiliki labor (translate : tenaga kerja) yang di butuhkan di hampir tiap aktifitas kecuali PvP, MvP, hunting dan labor menjadi tulang punggung di game archeage online ( bukan yang unchained ya)
  2. Aktifitas di archeage dibagi menjadi 22 profesi, yang termasuk Harvesting mencakup:  bercocok tanam (farming), berkebun (gathering), berternak (husbandry), memancing (fishing), tebang kayu (logging), menambang (mining)
  3. Crafting :  Memasak (cooking), Bahan kimia (achemy), kerajinan (handicraft), permesinan (machining), perlogaman (metalwork), percetakan (printing), perbatuan (masonry), jahit-menjahit (tailoring), peekerjaan kulit (leatherwok), olah senjata (weaponry), olah kayu (carpentry)
  4. Spesial: Konstruksi (Construction), pungut uang monster (larceny), perdagangan (commerce), Kesenian (artistry), Penjelajahan (exploration)
  5. Regenerasi labor berbeda untuk akun yang patron (membayar) dan bukan patron, yaitu 5 labor per 5 menit kondisi online untuk akun bukan patron dan 10 labor per 5 menit kondisi offline ataupun online, jadi kalau dihitung perhari : 2880 labor untuk patron dan 1440 untuk unpatron yang online 24 jam nonstop!
  6. Patron bisa di dapatkan ingame dengan membeli Apex 2 buah (perbulan) membayar pakai gold di auction house ataupun langsung trde facetoface dengan player lain
  7. Patron bisa di beli langsung di web dengan harga normal 10$ per30 hari.
  8. Banyak bonus selain labor di akun patron:
        a. Tiap jam mendapat 1 koin Loyalty token max 3, dan 5 loyalty token instant per 24
            jam, jadi total 8 token/hari
        b. Bonus 10% experience
        c.  Bisa menjual barang di auction house dan tanpa pajak
        d. 10 % diskon di marketplace archeage
        e. Bisa membeli lahan untuk farming maupun untuk rumah
        f.  Bisa membayar pajak untuk memperpanjang kepemilikan lahan dan rumah



Proficiency sangat pentingkah?

Ya, seperti dibahas di atas, ada 22 profesi, dan penulis sendiri belum mencoba semua, tetapi sudah bisa menyimpulkan bahwa profesi perdagangan (commerce) yang lumayan menguntungkan dan aman dalam farming gold. Keamanan disini maksudnya tanpa di bajak ataupun dicuri saat farming.

Profesi memiliki tingkatan atau level sehingga semakin tinggi level semakin efektif konsumsi labor, dan semakin banyak penghasilan gold per character serta semakin cepat proses produksinya. Archeage yang free tidak dibatasi kepemilikan char.

Rangking profesi:

 

  • Novice – 10.000
  • Veteran – 20.000
  • Expert – 30.000
  • Master – 40.000
  • Authority – 50.000
  • Champion – 70.000
  • Adept – 90.000
  • Herald – 110.000
  • Virtuoso – 150.000
  • Celebrity – 180.000
  • Famed – 230.000

Setiap labor yang kita gunakan untuk aktifitas profesi akan dengan sendirinya menaikkan level profesi tersebut. Jadi kalau mau naik ke level famed dibutuhkan 230.000/ 2880 labor perhari sekitar 80 hari tanpa labor tambahan.


Labor tambahan?

Yup, labor tambahan bisa didapat dengan tidur di bed/tempat tidur dengan kualitas berbeda-beda, dan ada juga baju tidur yang bisa menambah labor. Jika di total bisa mencapai rata-rata 350-400 labor per hari, lumayan kan?

Baju dan furniture juga bisa menaikkan skor proficiency

Dawnsdrop gear, baju yang menaikkan skor profesi jika dikenakan, didapat dengan menyelesaikan quest blue salt brotherhood, dan bisa di upgrade agar skor juga naik.

List dawnsdrop gear dan profesi yang di naikkan:
 - Cap: Artistry, Handicraft, Tailoring.
 - Jerkin: Construction, Exploration, Logging, Weaponry
 - Belt: Cooking, Husbandry, Printing.
 - Guards: Alchemy, Farming, Leatherworking.
 - Fists: Larceny, Machining, Mining.
 - Breeches: Carpentry, Gathering, Masonry.
 - Boots: Commerce, Fishing, Metalworking.


Hal menarik lainnya, tidak semua profesi bisa kalian maksimalkan di tiap kategori: Harvesting max 2, crafting max 3, Spesial max 2. Tapi jangan khawatir limit ini bisa ditingkatkan dengan membeli Specialization snowflake seharga 200 gold di npc.


Tittles

Seiring dengan naiknya level profesi maka akan ada quest yang bisa diambil untuk menambahkan tittle di nama kita, dengan tittle ini akan menambah skor proficiency. Saat mencapai 50k proficiency, tambahan skornya adalah 8k, dan saat 180k proficiency tambahan skor 12k, saat 180k tambahan 12k. Terbukti memperkecil selisih saat mau naik rangking profesi.

 

Contoh farming coinpurse (larceny):


archeage coin purse cara efektif mengelola labor

Satu Ancestor coinpurse menghasilkan rata-rata 1 gold 58 silver per purse, untuk char dengan 0 proficiency di larceny, maka untuk membuka 1 purse membutuhkan 35 labor, sehingga hitungan menjadi 4,5 silver per labor (129,56 gold per hari)

Sedang char dengan max prof (230rb) di larceny hanya menggunakan 21 labor per purse, sehingga menjadi 7,5 silver per labor (216 gold perhari) perbedaan lumayan signifikan!


Contoh farming gold dengan commerce atau perdagangan

Commerce disini langkahnya, membuat trade pack dengan bahan-bahan hasil bercocok tanam sendiri ataupun beli di auction, kamu bisa membuat trade pack di alat bernama “Speciality Workbrench” kemudian mengantarkan ke tempat penjualan di gold trader.

Harga penjualan trade pack bisa naik turun tergantung stock dan permintaan, tetapi rata-rata penulis bisa menghasilkan 700-900 gold per char per hari dari trade run Gweonid ke Solzreed pada max skill commerce char. Angka ini sudah termasuk lumayan dibanding dengan profesi lain yang aman lho tentunya, resiko kehilangan kecil. Penulis akan menjelas kan tentang trade run lebih detail di sesi selanjutnya ya..


Bisa disimpulkan disini,

  1. Tanpa patron akan sangat lambat untuk menghasilkan, kecuali membuat banyak char dan menjalankan sampai pada quest membuat material farm wagon yang bisa dijual ke orang lain dengan harga lumayan tinggi 700-900 gold per.
  2. Banyak cara untuk farming gold dari 22 profesi diatas, semuanya boleh dicoba untuk dihitung lagi karena hitungan berubah seiring dengan harga pasar.
  3. Cara yang efektif dan aman menurut penulis adalah trade run di daerah aman.
  4. Memang dibutuhkan kesabaran untuk mencapai max skill commerce, rata-rata mencapai 80 hari untuk patron char.
  5. Dibutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi untuk menjalankan banyak char terutama RAM, dan prosesor.
  6. Saat gold cukup, sobat bisa menjual lewat situs jual beli, contohnya playerauctions.com
Lihat juga: Playerauctions, situs jual beli mata uang games online 

0 Response to "Archeage online, Cara Efektif Mengelola Labor Harian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel