Archeage, Cara Farming Gold Tercepat ala kangRuna

Archeage cara farming gold tercepat

Archeage

Sebelum masuk topik farming gold, alangkah baiknya kita simak sebentar tentang Archeage berikut:
Archeage merupakan salah satu game MMoRpg bertema medieval era atau abad pertengahan dalam dunia yang sangat luas mencakup daratan dan lautan bahkan area udara.

Archeage mempunyai gameplay yang sangat menarik, seperti kehidupan nyata di dunia kita: ada perdagangan (commerce/trading), perkebunan (gathering), pertanian (farming), pertambangan (mining), perkokian (cooking), peternakan (husbandry), memancing (fishing), metalwork, handicrafts, alchemy, printing, machining, masonry, tailoring, logging, weaponry, carpentry, metalwork, larceny, artistry, exploration dan construction, total ada 22 profesi penopang ekonomi archeage.

Selain itu Archeage juga terkenal sistem PvPnya yang sangat seru dimana terbagi menjadi 2 kubu (faction) yaitu kubu barat atau Nuia dan kubu timur atau Haranyan yang saling berseteru baik di darat ataupun di laut bahkan di udara.

Dari dua kubu archeage tersebut ada yang disebut Pirates atau bajak laut, yaitu kubu yang melakukan tindakan kejahatan saat berada di salah satu kubu barat atau timur, menjadikan dia dihukum dan di asingkan di pulau pirates.

Kejahatan yang dimaksud disini bisa berupa: merampok dan membunuh teman sendiri saat di wilayah selain wilayah damai, bisa juga mencuri dalam jumlah banyak: hasil tanaman, peternakan, menebang pohon yang dilaporkan oleh pemiliknya.

Archeage cara farming gold tercepat

Nuia terbagi menjadi tiga ras yaitu Nuians yang mempunyai kelebihan dalam statsnya, Elves yang mempunyai kelebihan ketahanan dan kecepatan dalam air dan Dwarves yang mempunyai kelebihan dalam ilmu permesinan serta bisa berubah menjadi Juggernaut.

Sedang Haranyan terbagi dalam tiga ras juga: Firran yang miliki kelebihan dalam reflek dan kecepatan saat mendarat, Harani yang memiliki kelebihan efisien labor dan efisien portal, serta ras Warborn yang memiliki kelebihan daya angkutnya sangat kuat.

Archeage sendiri sekarang ada dua versi: Archeage online (versi gratis) dan Archeage Unchained (versi berbayar satu kali selamanya).

Kembali ke topik farming gold, yang di harapkan disini agar sobat bisa farming gold tercepat dan teraman, salah satu pilihannya adalah mengambil profesi trading dan melakukan trade run.

Archeage Trade run

Archeage trade run cara cepat farming gold

Dalam archeage, trading merupakan salah satu dasar perekonomian yang menurut kangRuna merupakan cara tercepat dan teraman dalam farming gold. Disini kita menjual bahan mentah bercocok tanam dan lainnya untuk diolah dan di jual menjadi gold. Saat mulai bermain dan menjalankan quest, suatu saat kita akan menjumpai "quest trading blue salt brother", yang bila kita ikuti nanti kita paham dengan sendirinya, mudah kok.

Tetapi tidak disitu saja disini kita akan membahas bagaimana cara memaksimalkan keuntungan dalam trading.

Dasar trading

Trading mencakup mengolah, transportasi dan menjual trade packs. Jenis packs apa yang kamu buat, dimana kamu membuat, dan bagaimana kamu mengantarnya, berefek pada keuntungan trading. Pertama kamu harus membuat trade pack dulu

Membuat trade pack

Trade pack dibuat di speciality workbench, yang bisa dijumpai dekat community center setiap wilayah. Setiap wilayah hanya bisa membuat trade pack tertentu dan dengan material tertentu sesuai yang tertera di specialty workbench.  Material ini biasanya dari hasil farming, gathering dan olahannya. 

Untuk membuat trade pack kamu perlu material tersebut di inventorimu dan labor sekitar 50-60 serta 50 - 75 silver. Setelah berhasil membuat trade pack, akan otomatis berada di punggungmu dan timernya. Maka pastikan dulu sebelum membuatnya: dimana mau menjual, rute perjalanan, dan alat transportasinya.

Dimana mau menjual?

Setiap trade pack bisa dijual di “Speciality Buyer” yang terletak di solzreed, two crown dan cindermore untuk wilayah barat (west), Solis headland, Ynystere dan vilanelle untuk wilayah timur (east).
Harga jual Trade pack bisa naik dan turun, tergantung dari masa (waktu dari pembuatan dan perjalanan) semakin lama harga akan semakin turun, dan yang kedua yaitu jarak, semakin jauh maka harga jual akan semakin tinggi, serta poin ketiga adalah demand (permintaan). Biasanya penulis kalau mau trading mencari waktu yang kurang dari 15 menit perjalanan supaya harga tidak turun dan mempengaruhi pendapatan.

Permintaan (demand)

Archeage cara farming gold tercepat

Demand akan naik turun dengan nilai max demand 130%, maka carilah saat-saat demand tinggi baru trading. Jika ingin mengetahui demand maka tekan shift – O pilih asal tempat untuk kolom atas, dan pilih tujuan untuk kolom bawah. Semakin banyak orang trading barang A, maka barang A tersebut demandnya akan turun.

Apakah trading bisa berbahaya?

Trading bisa menjadi bahaya bila: melewati laut, melewati wilayah musuh, dan melewati wilayah danger, crisis atau war. Saat membawa pack anda bisa diserang baik oleh musuh atau teman sendiri. Maka dari itu penulis memang memilih untuk trading di wilayah sendiri, biasanya dari gweonid ke solzreed. Tapi bagaimana untuk memulai trading saat kamu baru main dan tidak punya modal banyak?

Trading untuk pemula yang bermodal sedikit bahkan tanpa modal 

  1. Bila kamu pemula, tetap jalankan quest utama sampai dengan level 30, karena syarat minimal level untuk menggendong trade pack adalah level 30. Jalankan  quest blue salt brotherhood yang muncul saat level 30
  2. Questline blue salt brother sangat penting jika kamu berminat di profesi farming, trading ataupun alchemy
  3. Hadiah quest: 8x8 dan 16x16 Scarecrow garden/farm, 16x16 cottage design, donkey, material alchemy, dan akan dibantu membuat farm cart (2 slot pack) dengan biaya murah sekali bahkan bisa dikumpulin sendiri!
  4. Saat level 30, quest utama/story quest akan membawamu ke Solisa, Halcyona. Lapor ke Tasha di luar warehouse untuk memulai blue salt questline berhadiah 8x8 garden design.
  5. Setelah mendapatkan 8x8 design, kembali ke Hero Hall Marianople untuk memulai quest The Basic of trade, membesarkan donkey, besarkan juga beberapa domba/sheep di public farm saja yang gratis atau beli di auction house matrial yang di butuhkan untuk quest selanjutnya, “Trade run: Dewstone to Two crowns”
  6. Saat charmu sudah level 50, lapor ke two crown trading post untuk mulai quest “A merchant’s dream” kemudian lanjut ke “ Trade run: Sailing to Solis Headlands”, nanti akan diajarkan cara trading lewat laut dengan cargo ship dan captain protection sehingga tidak bisa di serang oleh orang lain.
  7. Sampai disini harusnya sobat sudah paham tentang dasar trading dengan menaiki donkey, dasar farming dan dasar trading dengan kapal memakai captain protection, bila kalian minim modal maka penulis sarankan untuk menjalankan quest dengan kapal dengan minimal 2 char atau lebih tergantung spek komputer, sampai modal cukup untuk membuat farm cart  (2 pack)> farm wagon (4 pack)> farm hauler(6 pack) > farm freighter (8pack)
    archeage sea trade cara farming gold
  8. Tapi bila sobat ingin gold cepat bisa dengan menjual hasil quest yaitu powerful engine seharga 700-900 gold (dibawah auction) lewat chat fraksi, tetapi penulis sarankan untuk menjual powerful engine bukan pada char utama yang mau di naikkan level skill commerce.
  9. Semakin banyak char yang kamu jalankan semakin cepat modal terkumpul dan semakin cepat trade run dengan menggunakan farm freighter, dan perlu diingat kalau Archeage unchained tidak membolehkan multi char lebih dari tiga char.
  10. Farm cart mempunyai 2 slot untuk tempat trade pack dengan kecepatan paling lambat, bisa dibuat dengan menjalankan quest brother dan diupgrade juga sampai menjadi farm wagon.



Archeage unchained adalah versi baru dari archeage release per 15 Oktober 2019, bedanya:
  1. Sistem Pay to Play, bayar sekali saja mulai dari 25,99$ dan tak usah khawatir dengan sistem patron 
  2. Semua regen labor sama dan limit sama yaitu 5000 labor
  3. Semua bisa membeli tanah dan rumah
  4. Maksimal char per orang adalah tiga char, disebut  bahwa semua keluargamu boleh main asal mereka orang asli bukan bot
  5. Bisa dibeli lewat steam
note
  • seperti halnya archeage sebelumnya, ping akan sangat menentukan kelancaran bermain game ini terutama saat pvp, saran jangan ambil job archer untuk pvp dan gunakan pingzapper, tapi para gamers yang mau trading dan farming jangan terlalu khawatir dengan masalah ini ya.
  • Tetap utamakan keselamatan saat trading, atau bila punya komunitas dan teman yang kuat silahkan buat kapal merchant ship dan trade lewat laut dengan hasil yang lebih besar dan resiko lebih besar juga.
  • Untuk tambahan gold kangRuna sarankan menjalankan family quest, yang akan kita bahas berikut:

Archeage, Family quest, sumber penghasilan tambahan

Family quest adalah quest tambahan yang mengikut sertakan anggota family untuk menyelesaikannya dengan reward sejumlah vocation badge, experience dan sedikit gold.

Ada beberapa kelebihan bila kita menjalankan family sistem:

Kelebihan family sistem

  1. Seperti mini guild, dapat family chat sendiri, tanpa diketahui player lain, fitur ini menjadi penting untuk menjalin koordinasi baik dalam menjalankan quest atau saat trading untuk menghindari pirate, contohnya.
  2. Bisa rekrut anggota family beda fraksi bahkan pirate maupun player nations, walaupun kalian tetap tidak paham chat beda fraksi tanpa menguasai bahasanya, tapi lumayan membantu bila kita punya teman di lawan fraksi.
  3. Sumber mata uang vocation dan sedikit gold kalau mengerjakan daily questnya
  4. Level family bisa naik seiring dengan daily quest yang dikerjakan, semakin tinggi level, buff family semakin kuat, buff ini membantu leveling dan trading

family sertifikat cara farming gold

Cara membentuk family

  1. Beli family certiciate di general merchant seharga 1 gold
  2. Bila char yang mau diinvite dekat, klik charnya dan pilih invite family
  3. Bila charnya jauh ketik /faminvite playername
  4. Tekan Shift + V untuk membuka windows community UI untuk mengetahui anggota-anggota family dan gelarnya

  Cara menjual vocation badge

  1. Chat di world kalau kamu jual vocation badge beserta rate kalau bisa
  2. Setelah deal harga, tanyakan ke dia mau dibelikan item apa, lihat di windows character info seperti gambar di bawah, belikan item sesuai permintaan, selain di character info bisa juga di beli di npc blusalt brotherhood
  3. Temui pembeli lebih mudah di mirage, portal biasanya tak jauh dengan community center
  4. Cara ini berlaku juga untuk jual beli honor badge

Membentuk family sangaat mudah dan murah, selain itu kita bisa farm vocation badge sekitar 4500 vocation perhari perchar, belum dengan trade run across water yang menghasilkan charcoal.
Segera bentuk family dengan alts mu di awal main, untuk menambah pemasukan, vocation bisa dijual ke player lain juga. Semakin banyak char alts mu, semakin banyak pula penghasilan lewat family quest ini.

Kesimpulan:
  1. Jalankan quest story saat mulai main archeage sampai dengan level 30 jangan lupa gather dan farm bahan-bahan saat di jalan
  2. Jalankan questline blue salt brother
  3. Usahakan mulai dengan multi char untuk archeage (bukan unchained) ambil profesi yang berbeda tiap char, contoh 2 char farming, 1 char gathering sisa trading
  4. Jadikan semua charmu satu family agar ada tambahan gold dan vocation dari quest family
  5. Bersabar dan terus semangat sampai semua char trading punya farm freighter!
  6. Contoh perhitungan keuntungan dalam trading agak rumit dikarenakan banyak hal salah satunya demand yang naik turun, tapi rata-rata per char patron perhari  kangRuna bisa mengumpulkan 700-800 gold. Tinggal di kalikan jumlah char trading kan sobat gamers.
  7. Untuk harga jual gold bisa langsung di cek di playerauctions.com
  8. Saat saya tulis artikel ini harga jual 1000 gold archeage terendah $8,78 di archeage unchained, kalau punya 4 char bisa dapat 3200 gold  = sekitar $28 perhari (sebagai gambaran)
  9. Gold tersebut belum termasuk dari family di atas.
Salam sobat gamers!
Selamat farming gold

0 Response to "Archeage, Cara Farming Gold Tercepat ala kangRuna"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel