9 Tanda-tanda Kecanduan Game dan Cara Mengatasinya

Tanda kecanduan games dan cara mengatasi

Well, kali ini kita bahas yang kontra dengan para gamers lakuin ya sobat. Sekedar mengingatkan dan berbagi ilmu, kangRuna juga masih banyak belajar tentang ini, walaupun sampai saat ini, saat bermain game online kangRuna masih bisa membatasi waktu, dengan tetap menjalankan kewajiban, sambil gerak-gerak dan olahraga ringan, tak lupa juga jangan lupa mengedipkan mata agar tidak kelelahan,  hati boleh lelah tapi jangan mata ya haha..

Kenyataannya walaupun dunia pergamingan sudah ada hampir 50 tahun tapi penelitian tentang efek-efek bahayanya masih pada tahap awal. Beberapa kelompok yang diteliti menunjukkan efek yang berbeda, supaya bisa disebut kecanduan game atau addiction.

Berikut tanda-tanda kecanduan games, setidaknya memiliki 5 tanda selama 1 tahun:
  1. Selalu atau sering memikirkan tentang games
  2. Merasa bete kalau tidak bermain games
  3. Perlu waktu lebih banyak untuk bermain games agar merasa enakan
  4. Tidak bisa berhenti atau mengurangi bermain games
  5. Tidak mempunyai lagi kemauan untuk melakukan kegiatan lain yang dulu disukai
  6. Mempunyai masalah dengan pekerjaan, sekolah ataupun dirumah gara-gara games
  7. Tetap bermain walau ada masalah di poin no 6
  8. Berbohong dengan orang sekitar tentang durasi bermain games mu
  9. Bermain games untuk meredakan bad mood 
Nah setelah tahu tanda-tanda diatas, alangkah baiknya kalau kita mulai introspeksi diri dengan menanyakan kepada diri sendiri seperti: apakah main games mulai mengganggu hubunganmu dengan orang lain, dengan pekerjaanmu, atau dengan sekolahmu? apakah kamu mulai merasa melewati batas antara mencintai main games saja atau malah harus main games? apakah kamu bermain games untuk pelarian dari depresi?

Jika kamu sebagai orang tua yang mempunyai anak senang bermain games, maka lihat hubungan anakmu dengan teman-teman di sekitarnya, serta lihat hasil karyanya di sekolah. Bila kedua hal tersebut terganggu sebaiknya segera konsultasikan dengan ahlinya, ataupun lakukan tindakan pencegahan berikut:
  1. Atur batas waktu bermain games dan konsekuen
  2. Jauhkan telepon atau gadget dari tempat tidur, agar tidak mengganggu kualitas tidur
  3. Lakukan aktifitas lain setiap harinya, termasuk berolah raga. Ini akan mengurangi resiko  kesehatan yang timbul akibat duduk seharian di depan komputer ataupun kurang aktifitas.
Tidak semua gamers itu kecanduan games
Banyak para gamers  di luar sana yang berhasil menyeimbangkan antara ngegames, sekolah, bersosialisasi dan berteman, berkeluarga. Saat keseimbangan ini terjadi, maka kenikmatan lah yang terjadi hehehe..

Sayangnya 10-15% gamers menunjukkan tanda-tanda kecanduan di atas, dan WHO memasukkan diagnosa game addiction di ICD-11.

Apa sih yang menyebabkan games menjadi candu?
Tantangan, penemuan hal baru, dan elemen sosial semuanya berpengaruh. Bahkan sekarang game online dilengkapi dengan platform seperti twitch dan bisa ngobrol langsung saat main game, hal ini bisa memperparah kecanduan.

Sobat walaupun dengan bermain games kita bisa terhibur dan lupa sejenak permasalahan berat di luar sana, alangkah baiknya kalau kita tidak lupa dengan kewajiban kita sebagai manusia di dunia ini, dan games hanya sebagai selingan saja yang kadang juga menghasilkan.

Salam semangat gamers!
Stay on earth!

3 Responses to "9 Tanda-tanda Kecanduan Game dan Cara Mengatasinya"

  1. WAW.. Untung tanda-tanda kecanduan game di atas tidak saya alami saat ini selama hampir satu semester.

    Saya sudah 5 bulan lebih gak pernah main game online. Itu pun main game GBA sekali-sekali. Rasanya tidak main game itu emosional lebih ringan.

    Dan akhir-akhir ini saya lebih sering online di Quora & Pinterest. Sudah bosan main game & Facebookan 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap mas john semoga tidak sampai kecanduan, skrg cari cara mengatasi kebosanan main games berarti :)

      Delete
  2. Alhamdulillah ane masih dibatas wajar, ngak ada satupun tanda tanda yg muncul

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel