5 Cara farming Gil di Final Fantasy XIV Tercepat ala kangRuna

class final fantasy XIV profit farming gil

Sobat gamers ingin farming gil sebanyak-banyaknya di FF XIV, dan menjadi jutawan gil?
Tidak ada salahnya sobat simak tips dan trik farming gil berikut, mulai dari cara normal rate gil, sampai dengan rate gil tinggi.

Eh tapi sebelum sobat gamers lanjut baca, perlu diketahui pembagian class di FF XIV seperti tabel di atas, yang terkenal profit untuk farming gil adalah class Disciples of the Hand ( Blacksmith, Goldsmith, Alcemist, dan Culinarian) dan class Disciples of the Land ( Miner, Botanist dan Fisher).

Berikut 5 cara farming gil tercepat ala kangRuna:

1. Duty roulettes

Final fantasy XIV duty roulettes

Cara pertama yang biasa dilakukan sobat nih, seiring leveling ambil roulettes dengan reward gil, xp dan item lainnya.
Besaran gil dan xp tergantung dari level kita, semakin tinggi level semakin tinggi juga reward., maka dari itu kangRuna masukkan ke poin pertama duty roulettes ini karena sangat membantu financial dan leveling kita di awal-awal main.

Kelemahan cara ini para sobat tidak bisa memilih class gathering (miner, botanist dan fisher). Di lain sisi class gathering ini bisa mengambil levequest dengan item quest hasil gatheringnya.

2. Market board

Final fantasy XIV marketboard

Bagi para sobat gamers yang berjiwa dagang cara ini sangat cocok dilakukan. Selain itu saat kita leveling, gathering dan melakukan duty roulettes tentunya ada beberapa item dan material yang bisa di jual lewat market board.
Bisa juga dengan membuat equip high level kemudian jual di market. Butuh ketekunan dan modal, supaya level crafting mu menjadi master.
Market board bisa dijumpai di setiap main city seperti gambar diatas, yang perlu diketahui item yang dijual di kota lain akan mengalami sedikit kenaikan harga (fee).

3. Sewa dan pekerjakan retainermu (Ventures)

Cara termudah menurutku ni, termasuk pasif income, dengan hasil yang lumayan untuk menambah stok gil.
  • Kamu bisa menyewa retainer setelah kamu menyelesaikan main quest "the scions and the seventh dawn"
  • Sewa retainer di retainer vocate dekat marketboard. maximal 8 retainer (2 + 6 tambahan dari mog station)
  • Pakai summoner bell di inn room
  • Pilih assign venture
  • Jangan lupa lengkapi equip retainersmu sebelum pergi venture, serta pilih classnya bila belum
  • Kita bisa memilih ventures apa yang retainers lakukan, mulai dari mining, hunting atau sekedar explorasi
  • Setiap kali kita mengirim retainer, membutuhkan coin unik disebut ventures,
  • Ventures didapat dari beast tribe dailies, atau dibeli di Grand company quartermasters

4. Hunting dengan class yang profit

Banyak para crafter yang malas mengumpulkan sendiri material-material tempa mereka begitu juga banyak para player yang "mager" dan hanya chit chat saja di town, pergunakan kelemahan ini.

Bunuh monster-monster dan kumpulkan low-high tier material untuk di jual lewat marketboard. Persiapkan waktu dan tenaga yang banyak untuk membantai ratusan hingga ribuan monster. tentunya pilih class charmu sesuai dengan gaya mainmu, biar tidak cepat bosan kamu bisa mengajak temanmu juga.
Jika kamu punya gathering class (botanist, fisher dan miner), akan sangat membantu dalam mengumpulkan matrial, apalagi skill gatheringmu sudah tinggi.

5. Mining

Sobat gamers, menambang bisa jadi hal yang membosankan bagi beberapa orang, tapi di ff 14 mining merupakan salah satu sumber pendapatan, bahkan salah satu farming gill tercepat disini.
Tentunya hal ini bergantung kepada level mining char, maka dari itu diawal main mulailah  quest mining untuk mempercepat level mining. Berikut tabel quest mining level 1 - 50 beserta jumlah material yang harus dikumpulkan, penjelasan dan langkah-langkah saya sertakan dibawah tabel.

Final fantasy XIV miner quest

Quest mining
Miner 1 dan miner 5 bisa dilakukan sekali jalan untuk menghemat waktu ya, kumpulkan Copper ore sebanyak 10 biji dan Bone Chip 50 biji di Central tanalan - Spineless Basin, area timur Steps of Nald koor X: 24.0 Y: 27.5, setelah mengumpulan bone chip harusnya minimal level char sudah lv 5 segera kembali ke Adalberta dan ambil hadiah serta gear upgradenya.

Selanjutnya level 10 Mining kumpulkan sebanyak 99 Obsidian di Western Thanalan (The East Hammer) koor X:21.9 Y:29.1, ya benar lumayan banyak, pilih grinding atau bisa juga dibeli di NPC Ferreol - New Gridania. Tetapi karena sobat baca cara farming gold di artikel ini, pastinya pilih grinding kan, gil juga belum ada, haha.

Level 15 mining, kumpulkan 10 Cinnabar (HQ) di Western Thanalan, southeast of Horizon X:24.4 Y:17., jangan lupa aktifkan skill unearth untuk meningkatkan 10% kemungkinan mendapatkan HQ material.

Level 20 mining,  kumpulkan 99 Grade 1 Carbonized matter yang di dapatkan dengan cara logging atau quarrying mature tree di Skull Valley (Western La Noscea. X:26, Y:25.) atau di Rocky Outcrop in Three-malm Bend (Middle La Noscea. X:15, Y:10.).

Level 25 mining, kumpulkan 15 Effervescent water (HQ) di Buscarron's Druthers X16.9 Y19.5

Level 30 mining, kumpulkan 15 Wyvern Obsidian (HQ) di Eastern Thanalan, arah barat daya menuju South Shroud X:25.7 Y:16.4

Level 35 mining,  tambang 20 Raw amethyst (HQ) di Sorrel Heaven, Central Shroud X: 13.7 Y: 20.6

Level 40 mining, tambang  20 Jade (HQ) di Dragonhead coerthas X:24.2 Y:20.1

Level 45 mining, tambang 20 Electrum ore (HQ) di Upper La Noscea (X: 29.2, Y: 25.6) sebelah selatan Camp Bronze Lake.

Level 50 mining, tambang 3 Darksteel ore yang hanya muncul jam 1:00 AM Eorzea time di Coerthas Central Highlands (X: 27,  Y: 19)

Level 51 - 60 Mining
Kabar baik saat mencapai level 51 keatas quest mining akan lebih mudah dan flexible, mayoritas material-material yang dikumpulkan juga berguna dan bisa dijual.

Kunjungi Adalberta di miners guild (ul'dah) kamu akan di kirim ke new GM di ishgard, dan questnya muncul tiap 2-3 level jadi jangan lupa sering-sering cek ya.

Jangan lupa juga untuk unlock scrip gathering dan collectables saat sobat mencapai level 56 keatas, cara unlock dengan quest: Incrustable taste di area Ishgard, tentunya sobat harus menyelesaikan dulu main scenario: The better half di ishgard juga. Tak kalah penting juga untuk unlock 50+ mining levequest di ishgard.

Untuk miner pemula range pendapatan mungkin masih berkutat di 100k-200k perjam mining, tapi bila skill mining sudah tinggi, bisa mencapai 750k perjam mining, yang berarti bila kita mining selama 6 jam akan mendapatkan gil sebanyak 4,5 m.

Final fantasy XIV selling gil siteand save
Bila kita liat di situs playerauctions saat ini berkisar $1 = 500k gil kurang lebih, yang berarti 4,5m gil = 9$ x 30 hari = $270 bila $1= 13.500 rp, maka $270 = rp 3.6450.000,-.
Tapi ingat ya itu hanya perkiraan pendapatan, banyak faktor yang mempengaruhi, seperti harga pasar yang naik turun, dll.

Oke pertanyaan selanjutnya, dari sekian banyak server (24 NA, 32 JP dan 12 EU) , yang manakah yang paling banyak player aktifnya?
Server yang paling banyak player aktif bisa di cek di ffxiv census , dan hebatnya hampir semua server merata tingkat keaktifan playernya saat ini.


Player aktif di Final fantasy XIV server NA


Player aktif di Final fantasy XIV server JP


Player aktif di Final fantasy XIV server Europe

Terlihat dari grafik diatas server gilgamesh di NA saat ini menduduki peringkat pertama, dan kangRuna sarankan untuk bermain di server Amerika (NA) untuk mempermudah komunikasi antar player.

Selamat mencoba ya sobat gamers.

1 Response to "5 Cara farming Gil di Final Fantasy XIV Tercepat ala kangRuna"

  1. Tap man Tap mas, sudah saya coba dan langsung berhasil.
    terima kasih atas infonya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel