5 Games MMO yang menghasilkan uang terbanyak tahun 2020

5 games online yang menghasilkan uang banyak!

Hello sobat gamers, saat gabut, nongkrong-nongkrong dan kumpul bareng temen, ngegames adalah kegiatan pengisi waktu jaman now yang sudah biasa dilakukan, baik anak kecil, muda bahkan tua.
Tak jarang pula kita jumpai games yang membutuhkan jaringan internet, yang kita sebut games online.
Dari sekian banyak games online, terutama mmo, penulis mengelompokkan 5 games yang benar-benar menghasilkan uang.

Tentunya hal ini berdasar pengalaman sendiri dan masih banyak kekurangan, maka dari itu koreksi dan masukan dari sobat gamers masih sangat dibutuhkan.

Baca juga : Uang dari bermain game dan bukti pembayaran dari playerauction

1. Old School Runescape (OSRS) -Free - $10,99 perbulan
Games yang jaman dulu pernah rilis tahun 2000an dan sempat tutup, saat ini dikelola oleh pihak Jagex sejak tahun 2013, dan tahukah saat ini masih banyak yang aktif main bahkan sampai puluhan ribu, bisa dilihat di diagram real time dibawah.
Terlihat juga forum Osrs yang masih aktif, meskipun dengan grafik yang  kotak-kotak, games ini tak kalah seru karena gameplaynya yang ga mbosenin, seperti dikehidupan nyata, memancing, nambang, smelting, hunting, tentunya disini kita lebih bebas dan lebih kuat.
Update: sejak Oktober 2018 Jagex telah merilis Osrs versi mobile 
old school runescape best mmo money
Update 7 desember 2019,
Apabila para sobat gamers mengalami error saat koneksi ke osrs mobile, "Failed to contact server. Please check your internet connection" padahal koneksi tidak bermasalah, sobaters bisa mencoba trik berikut:
a. Masuk ke oldschool.runescape.com lewat browser di hp
b. Klik World select, option sebelah kiri
c. Pilih salah satu game world yang disediakan, bisa pilih best free world for me (untuk yang gratis) atau best members world for me (untuk berbayar),
Bila tetap tidak bisa, lanjut ke option d
d. Refresh page, atau tekan F5, kemudian pilih world dibawahnya, ada banyak pilihan, bintang abu-abu untuk yang free mode, bintang kuning untuk yang member mode
e. Bila berhasil masuk ke game tetapi ada peringatan "You need a total of 500 in non-member skills to play on this world", tutup dan pilih kembali world lain yang tidak diwajibkan skills.
Untuk yang versi desktop pc hampir sama:
a. Buka oldschool.runescape.com lewat browser
b. Klik world select
c. Pilih game world seperti versi mobile, mungkin ada peringatan "Open JagexLauncher". Bila loading terlalu lama, maka bisa dicoba ganti world lain.

2. World of warcraft (WoW) -Free - $14,99 perbulan
Games blizzard yang release tanggal 23 November 2004 ini sudah banyak digandrungi sejak game offlinenya warcraft 1 - 3, bahkan jumlah subscriber yang saat ini mencapai jutaan menandakan kesuksesan game ini. Bahkan sering kali player kesusahan untuk log in dan masuk ke antrian (queued) dikarenakan semua server over capacity!
Sebenarnya games ini free to play (f2p) cuman dikarenakan sangat terbatasnya fasilitas dan level limit player f2p maka penulis tetap mengkategorikan games ini sebagai pay2play games.
Player F2P hanya bisa sampai level 20 (max 120), gold max yang dibawa 10g, komunikasi terbatas, dan tidak bisa join guild. Tapi untuk mencoba jalan-jalan di world dan melihat suasana, game ini pantas dicoba.

Bagi sobat gamers yang mau memperpanjang masa aktif char selama satu bulan bisa membeli WoW token, yaitu item in game yang bisa di beli pakai gold di auction house dengan harga yang fluktuatif.

Saat pertama kali launching harga WoW token sekitar 200k - 300k tahun 2015, saat ini bisa di check real time di https://wowtokenprices.com/ saat ini harga berkisar di 180k di server US, 228k di server EU,273k di server china, sangat stabil walaupun sudah berjalan selama 4 tahun. WoW token juga bisa di beli di blizzard dengan harga 20$ yang kemudian di jual kembali lewat auction house.

Terbuka kesempatan sangat luas untuk farming dan jual gold di game online ini di lihat dari jumlah pemain yang sangat banyak, tetapi di lain sisi, akan banyak juga pesaing penjual gold bahkan antar negara-negara besar seperti China.

3. Final fantasy XIV online (FF 14) -$12,99 perbulan
Masih ingatkan final fantasy? Games dengan story super keren bahkan bisa bikin baper playernya yang main berjam-jam.
Dengan tema yang sama kerennya, bahkan lebih keren (karena rame playernya) games ini patut dicoba walaupun dikategorikan pay to play, hiks.
Seperti halnya games WoW, games FF XIV juga gratis mencoba sampai level 35 sejak maret 2017. Tak ada salahnya para sobat gamers mencoba kan? tentu bila ada kuota, hehe.
Games Square enix ini telah rilis sejak 30 September 2010, dengan grafik jumlah pemain yang relatif stabil. Bisa dilihat secara life di steamchart, seperti screenshot di bawah.

Khusus game steam bisa dilihat secara real time di steamchart, dan dilihat tren rata-rata pemain yang online, mulai dari release game sampai hari ini. Salah satu tolok ukur perkembangan games itu sendiri.

final fantasy xiv


4. Archeage Online: Unchained -$25,99 selamanya
Bagi pecinta grafis dan PvP, games ini layak dicoba lho, keseruannya akan menaikkan adrenaline ditingkat pedas level 10 (main games sambil makan mie gengs).

Bahkan kita bisa terbang naik naga dan mount-mount super keren sambil menjelajah dunia archeage. Yakin ga pengen coba terbang pake naga?apa naik kapal besar buat perang rame-rame?huehue
Sayangnya archeage legacy mulai sepi, yang mungkin dikarenakan sebagian besar pindah ke archeage unchained, sehingga penulis memasukkan archeage unchained saja yang berbasis pay to play.

Berita baiknya  archeage unchained belum lama di release saat tulisan ini dibuat (Oktober 2019) dan peminat lumayan banyak, terlihat di steamchart rata-rata pemain 3000 player lebih perhari. Walau terlihat termahal $25,99 ternyata hanya sekali bayar untuk main selamanya, beda dengan 4 game lainnya yang harus langganan.

archeage unchained


5. NexusTK (NTK) -Free - $9,99$ perbulan
Nexus the kingdom of the wind, games jadul dua dimensi ini walau tampak kuno tetapi sebenarnya sangat inovatif dan lucu, bahkan karakter disini bisa berekspresi dengan gaya khas komik lucu dan berdansa.
Disini kita bisa melakukan banyak sekali aktifitas mulai bercocok tanam, manjahit, menempa, memancing sampai hunting boss monster yang sangat kuat.
Kok sama dengan games sebelah? bedanya disini kita seperti tanpa batas kekuatannya, setelah mencapai level 99, setiap experience yang kita dapat bisa dialokasikan di stat seperti vita dan mana sampai jutaan, semakin banyak vita/mana semakin kuat juga serangan kita.
Games ini sebenarnya sudah release sejak tahun 96an, saking lamanya games ini, banyak yang menjadikan games ini sebagai rumah kedua mereka.
Apakah masih banyak yang main games ini? Jawabannya bisa di cek real time di https://nexusatlas.com/, saat penulis memposting artikel ini, tercatat ada 168 player online. Lumayan.

NexusTK






No
Nama Games
Developer
Tahun release
Free to play
Pay to play
Jml pemain
(per 8/12/19)
Client download
System
Req
1
OSRS
Jagex
2013
Free World
$10,99
Member World
86.000
23 mb client
Low
2
WoW
Blizzard
2004
Lv 1 - 20
$14,99
Sd Lv 120
Diatas 2jt
86 gb
Med-
High
3
FF XIV
SquareEnix
2010
Lv 1 – 35
$12,99
10.450
40gb client
Med-
High
4
Archeage unchained
XLGames
2019
-
$25,99
3.278
17,5 gb on steam
Med-
High
5
NexusTK
Nexon
1996
Lv 1 – 49
$9,99
168
300mb
Low

Bingung mulai dari mana, dan jual goldnya dimana?

Sebenarnya ga ada salahnya mencoba salah satu games diatas, tentunya dipertimbangkan aspek duit, spek kompi, jaringan internet dan kecocokan games dengan style mainmu. Untuk jual gold sebenarnya ada beberapa cara, lebih jelas sobat gamers bisa membaca artikel tentang Playerauctions, situs jualan gold, item dan power leveling.
Kalau ingin cek kecocokan style game mu, maka ikuti artikel-artikel selanjutnya ya...
Salam sobat gamers!

12 Responses to "5 Games MMO yang menghasilkan uang terbanyak tahun 2020"

  1. mantap juga yaa bisa dapetin uang dari main games.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya btul mas rozaqi, coba aja buat sambilan :p

      Delete
  2. Saya belum pernah main games online...dulu pertama kali main games pakai PS...Hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba mas rudy, mumpung game nya masih menghasilkan hehe

      Delete
  3. Seumur hidupku gak pernah mainin tuh game :v

    BTW itu game semuanya untuk platform apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. OSRS support platform android dan komputer, untuk 4 lainnya platform komputer /windows semua

      thanks masukannya mas john asto, bisa dicoba..

      Delete
  4. Game seperti Final fantasy memang seru dan gak bikin bosen, apalagi semakin banyak seri yang muncul di versi console, PC, dan mobile.

    ReplyDelete
  5. Apakah ada game yang menghasilkan uang di andorid. Kalo ada bisa request artikelnya, hehe

    ReplyDelete
  6. Mantap gan game online sekarang mulai rame sampe ikut asian game.
    Btw itu semua harus pake pc apa smartphone bisa gan.
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims sudah mampir, sementara masih game pc yang saya review, keculai yang osrs bisa crossplatform, dan mostly yang bisa di monetisasi

      Semoga ke depan bisa membahas lebih banyak game baik pc dan android

      Delete
  7. Mantap gan game online sekarang mulai rame sampe ikut asian game.
    Btw itu semua harus pake pc apa smartphone bisa gan.
    Thanks

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel