Inilah 15 Bahaya Penggunaan Gadget Berlebihan



bahaya penggunaan gadget berlebihan

Inilah 15 bahaya penggunaan gadget berlebihan



Hi sobat gamers, tau ga perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat. Terutama pada perkembangan komunikasi dan permainan. Alat komunikasi smartphone atau gadget sudah bisa menggantikan fungsi dari surat maupun telepon umum. Hal ini karena gadget bentuknya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana, dengan biaya murah kita bisa berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh, serta terdapat banyak aplikasi yang salah satunya permainan, film, video dan lain-lain.
Pada zaman sekarang gadget/hp sangat mudah didapat, dari harga yang paling murah hingga harga yang paling mahal. Dilihat dari bentuk dan penampilannya juga sangat menarik. Orangtua dan anak-anak mereka juga sangat menyukai gadget. Tetapi jika penggunaannya tidak dibatasi akan menimbulkan banyak hal negatif. Berikut ini akan saya bahas tentang bahaya penggunaan gadget secara berlebihan.

1.    Gangguan pada mata

Pada saat bermain gadget kita akan menjadi serius dan lupa berkedip, hal itu membuat mata menjadi kering. Penggunaan gadget yang terus menerus juga akan membuat mata lelah,otot mata menjadi tegang, hal ini akan membuat pandangan menjadi kabur. Selain itu jarak mata pada saat bermain gadget juga dapat mempengaruhi penglihatan kita. Sering kali anak-anak bermain gadget pada jarak dekat sehingga akan merusak mata. Kondisi mata minus maupun silinder sering terjadi pada kasus ini. Oleh karena itu kita sebagai orangtua harus lebih memperhatikan agar pada saat bermain gadget harus mengatur jarak pandangan.

2.    Gangguan pendengaran

Penggunaan earphone yang terlalu lama dengan suara yang keras sering kali mejadi penyebab gangguan pada telinga. Karena suara yang keras dapat menyebabkan pecahnya gendang telinga sehingga kita menjadi tuli.

3.    Obesitas

Ketika bermain gadget kebanyakan menjadi malas bergerak, mereka tidak mau beraktivitas yang lain. Mereka lebih suka hanya duduk ataupun tiduran saja didepan gadget. Lemak dalam tubuh yang seharusnya dibakar pada saat beraktivitas tidak terjadi. Hal tersebut akan menimbulkan penumpukan lemak pada tubuh dan menjadikannya obesitas.

4.    Konsentrasi menurun

Aplikasi pada gadget sangat beragam dan menarik. Banyak fitur-fitur yang menarik dalam permainan di gadget. Anak-anak sering kali berganti -ganti permainan ketika ada permainan lain yang lebih menarik. Hal ini akan membuat konsetrasi anak menjadi menurun, karena belum selesai dengan permainan satu , dia pindah lagi ke permainan lain hanya dengan meng-klik tombol yang ada di gadget, begitu seterusnya. Konsentrasi yang pendek/menurun ini akan mempengaruhi anak-anak pada saat bersekolah. Mereka akan sulit berkosetrasi pada pelajaranan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

5.    Agresif

Anak-anak yang bermain gadget menjadi lebih agresif dibandingkan dengan anak-anak yang tidak bermain gadget. Bila sudah kecanduan, anak-anak akan menjadi lebih agresif dan destruktif, sering kali anak-anak menyerang untuk dapat melanjutkan permainannya dan tidak mau berhenti ketika bermain gadget.

6.    Mengalami gangguan pola tidur

Anak-anak akan mengalami kesulitan tidur ketika sering bermain gadget, hal tersebut akan mempengaruhi kualitas tidur sehingga anak-anak mudah lelah. Ini terjadi karena gadget mengeluarkan sinar biru (blue light) yang akan mempengaruhi produksi melatonin di otak. Melatonin adalah senyawa dari otak yang dapat menyebabkan kantuk. Jika sering terpapar sinar biru tersebut maka akan sulit untuk tidur.

7.    Sering sakit dan nyeri

Dampak lain dari bermain gadget adalah sakit atau nyeri di beberapa bagian tubuh. Posisi pada saat bermain gadget bisanya dengan kondisi membungkuk atau tiduran dapat menyebabkan kaku pada leher, kram, kesemutan pada jari-jari. Kondisi ini akan menyiksa bila sudah sangat parah sakitnya.

8.    Kurang sosialisasi

Anak-anak yang bermain gadget sering kesulitan dalam bersosialisasi. Hal ini karena anak lebih senang menghabiskan waktunya untuk bermain sendiri. Mereka sulit berkomunikasi dengan teman-teman atau orang-orang disekitarnya.

9.    Menganggu/menurunkan prestasi

Kurangnya konsentrasi dan menurunnya daya ingat karena seringnya bermain gadget akan menurunkan prestasi belajar. Karena semakin cepat informasi yang didapat dari gadget dan sering berganti-ganti akan membuat anak-anak mejadi cepat lupa. Itu sebabnya, kita harus memperingati anak-anak ketika bermain gadget.

10. Stress/gelisah

Dampak negatif lain dari bermain gadget adalah anak-anak mengalami gelisah dan stress. Permaianan-permainan ini akan memperparah kegelisahan anak ketika kalah dalam bermain.

11. Gangguan pada postur tubuh

Posisi pada saat bermain gadget akan mempengaruhi postur tubuh, karena pada saat bermain gadget tubuh cenderung pada posisi membungkuk. Posisi membungkuk tersebut akan memberi tekanan pada daerah leher dan tulang belakang. Jika dilakukan terus menerus maka tubuh kita akan terus membungkuk dan sulit untuk tegak lagi.

12. Terkena efek radiasi

Gadget dapat memancarkan energi radiofrekuensi, dimana jaringan tubuh terdekat dapat menyerap energi tersebut. Efek dari radiasi ini bisa berbahaya dan perlu kita waspadai, terutama pada anak-anak yang diketahui masih rentan dengan penyakit dan daya tahan tubuhnya belum kuat. Oleh karena itu, kita di harapkan mencegah anak-anak mengalami kecanduan gadget.

13. Berpotensi terjadi gangguan mental

Penggunaan gadget pada anak usia dini akan mempengaruhi perkembangan mental anak. salah satunya anak menjadi autis, dimana anak autis akan sibuk dengan dunianya sendiri. Ketika diajak berkomunikasi anak autis tidak dapat merespon. Keadaan ini perlu ditangani secepatnya dan diberikan pengelolaan sedini mungkin untuk mengurangi dampak yang lebih parah.

14. Tidak peka terhadap lingkungan

Ketika bermain gadget akan sibuk dengan permainan yang ada di gadget tersebut. Sering lupa makan minum karena terlalu asyik bermain. Mereka tidak peduli apa yang sedang terjadi di lingkungannya.

15. Menimbulkan kecanduan

Inilah bahaya yang sangat mengerikan, yaitu kecanduan. Aplikasi dan fitur-fitur dalam gadget membuat anak mengalami kecanduan. Mereka akan mengalami ketakutan jika kehilangan gadgetnya tersebut. Resiko kecanduan ini yang masih sering dibahas akhir-akhir ini. Oleh sebab itu kita harus memperhatikan anak-anak kita agar tidak sampai kecanduan gadget.
Itulah tadi, setidaknya ada 15 bahaya penggunaan gadget yang harus diwaspadai. kita harus pastikan anak-anak generasi penerus bangsa agar tidak kecanduan bermain gadget.

Salam sobat gamers
tetap waspada dan semangat!

1 Response to "Inilah 15 Bahaya Penggunaan Gadget Berlebihan"

  1. Ternyata banyak juga yah bahaya penggunaan gadget berlebihan. Setahuku cuma gangguan pada mata, ternyata sangat banyak gangguan lainnya.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel