13 cara mengatasi kecanduan Hp pada anak

mengatasi kecanduan game anak
sumber: bulten news Gtv senin 13 Januari 2020

Pada zaman sekarang teknologi sudah semakin canggih, dengan adanya Hp informasi semakin cepat berkembang dan mudah tersampaikan. Tapi bila penggunaannya tidak terkendali maka informasi baik dan jelek bisa menyebar secara meluas.

Baru-baru ini juga banyak di dapati kasus kekerasan dikarenakan game online, seperti gambar di atas dimana ayah memborgol anaknya di kandang gara-gara anaknya main game tanpa henti.

Tentunya kita tak mau kekerasan seperti itu terjadi di sekitar kita apalagi rumah tangga kita sendiri


Apalagi ketika anak-anak kita sudah diberikan akses ke Hp atau Gadget. Dimana anak-anak mempunyai daya tangkap yang cepat untuk memperoleh informasi. Jangan sampai anak-anak kita nantinya memperoleh informasi yang salah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika anak-anak sudah memegang Hp kemudian memainkan game kesukaannya biasanya mereka akan lupa waktu, lupa makan dan minum. Kalau dibiarkan anak-anak bermain Hp tanpa ada pembatasan seperti itu, akan menyebabkan anak sakit. Disini peran kita sebagai orantua harus membuat bagaimana caranya agar anak dapat bermain Hp dengan sehat.

Berikut ini kang Runa akan membahas cara-cara untuk mengatasi kecanduan Hp atau Gadget.

1. Batasi penggunaan Hp

Peran orantua disini yaitu dengan membatasi anak dalam menggunakan Hp, yaitu anak diberi waktu berapa jam boleh main Hp. Misalnya dengan memberi waktu sekitar 3 jam sehari. Terutama dalam masa liburan ini, pagi 1 jam, siang 1 jam dan sore 1 jam.

Kalau nanti saat anak-anak sudah masuk sekolah sebaiknya dikurang lagi waktu bermain Hp nya. Jangan sampai anak-anak lupa tidak belajar karena keasikan bermain Hp.

2. Perbanyak aktivitas bersama anak

Sebagai orangtua yang baik, sebaiknya selalu memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan anaknya. Jangan sampai kita tidak tahu perkembangan anaknya sendiri. Misalnya dengan cara menemaninya ketika anak bermain. Anak-anak kalau tidak ada temannya bermain akan cepat bosan yang kemudian akan memilih bermain Hp, dimana dia bisa bermain game bersama dengan teman-temannya dalam game tersebut.

Jadi kita sebagai orangtua harus memperbanyak aktivitas bermain bersama dengan anak untuk menggurangi anak menggunakan Hp. Orangtua dapat bermain sepeda bersama anak atau mengajak bermain kemah-kemahan di depan rumah.

3. Sebelum tidur tidak boleh main Hp

mengatasi kecanduan hp anak

Orangtua harus membiasakan anaknya agar tidak bermain Hp sebelum tidur karena Hp atau Gadget akan mengeluarkan sinar biru (blue light), dimana sinar tersebut tidak tampak oleh mata, tetapi sinar tersebut akan mengganggu hormon melatonin (hormon yang merangsang seseorang untuk mengantuk). Ketika anak-anak bermain Hp sebelum tidur maka akan menyebabkan siklus tidurnya terganggu dan anak tidak bisa tidur secara maksimal.

Sebenarnya blue light ini terpencar pada cahaya matahari, yang berefek meningkatkan kewaspadaan, mood dan waktu respon orang. Jadi blue light memang penting untuk memulai hari dengan semangat baru.

Beruntungnya hari ini sudah banyak hp yang menyediakan fitur perlindungan mata dan aplikasi di playstore yang memiliki banyak fitur salah satunya perlindungan dari blue light ini.

Walau begitu alangkah baiknya kita sebagai orang tua tetap waspada dan membatasi Hp di malam hari terutama sebelum tidur.

Perbanyak aktifitas fisik di siang dan malam seperti bermain lego, supaya tidur lebih berkualitas

4. Matikan wifi/jaringan internet

matikan wifi mengatasi kecanduan anak
Jika ada wifi dirumah sebaiknya dimatikan dahulu atau diberi password agar anak tidak bisa mengakses informasi yang dari internet, atau anak tidak bisa memainkan game yang membutuhkan internet. Kalau menggunakan data sebaiknya data dimatikan dahulu ketika anak bermain Hp.

5. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Didalam Hp atau Gadget banyak sekali aplikasi permainan yang bisa didapat. Kita sebagai orangtua bisa memilih-milih mana yang perlu dan tidak dibutuhkan anak. Kita bisa memilih permainan yang mendidik anak kita dan menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan.

6. Tidak menyediakan power bank

Disini kita tidak perlu untuk menyediakan power bank untuk anak, biarkan batere Hp habis maka anak tersebut akan berhenti dengan sendirinya. Jangan biarkan anak bermain Hp dengan di cash, bilang pada si anak kalau bermain Hp sambil dicash akan merusak Hp, jika rusak maka anak tidak dapat bermain lagi.

7. Orangtua harus kompak dalam mendisiplinkan anak

Orangtua yaitu ayah dan ibu harus kompak dalam mendisiplinkan anak dalam menggunakan Hp atau Gadget. Jangan sampai ayahnya melarang tetapi sang ibu malah memperbolehkan anaknya bermain Hp. Jadi harus didiskusikan dahulu antara ayah dan ibu kapan anak-anak boleh menggunakan Hp.

8. Sediakan mainan yang lain

Orangtua juga dapat menyediakan mainan misalnya lego, puzzle, plastisin, kelereng atau maianan yang bisa dibuat sendiri bersama anak dengan menggunakan barang-barang bekas yang tersedia di rumah.  Dengan membuat sendiri mainannya anak-anak akan merasa bangga dan menjadi percaya diri.

9. Pemberian reward jika anak berhasil mengatasi kecanduan

Orangtua juga dapat memberikan penghargaan pada anak yang sudah dapat meminimalkan penggunaan Hp. Ketika anak yang sudah kecanduan Hp jika langsung dihentikan untuk tidak boleh bermain Hp akan menjadi anak yang frustasi, maka penanganannya harus pelan-pelan yaitu dengan menggurangi waktu penggunaan Hp secara bertahap. Jika anak sudah berhasil mengatasi hal tersebut orangtua dapat memujinya jika perlu diberi hadiah atau penghargaan yang lain.

10. Menentukan waktu kapan anak boleh main Hp

Kapan waktu yang tepat untuk bermain Hp? Hal tersebut dapat didiskusikan antara ayah dan ibu untuk menentukan kapan waktu anak boleh menggunakan Hp, misalnya pagi dan siang saja saat liburan atau hanya akhir pekan saja. Hal tersebut tergantung dari kesepakatan orangtua dan anak.

11. Menentukan tempat boleh bermain Hp

Orangtua juga dapat menentukan tempat anak boleh bermain Hp, misalnya di ruang tamu atau ruang keluarga bersama dengan orangtuanya. Jangan sampai anak bermain Hp sendirian di dalam kamar yang terkunci dan kita tidak tahu apa yang sedang di download atau dilihat dari internet. Sebaiknya sebagai orangtua juga mengawasi apa saja yang sudah dilihat atau dimainkan oleh anaknya.

12. Memberitahu tata cara penggunaan Hp yang benar

Anak-anak jaman sekarang sudah pandai dalam menggunakan Hp, jangan sampai mereka menyalahgunakan penggunaan Hp. Orangtua juga perlu memberitahu tentang cara-cara penggunaan Hp yang  benar, misalnya hal-hal apa saja yang boleh dilihat di download atau dimainkan anak.

13. Mengajak anak bermain dengan teman

Orangtua juga dapat menyuruh anaknya bermain bersama dengan teman-temannya, mereka dapat bermain mainan tradisional misalnya bermain kelereng, petak umpet, gobak sodor atau bisa juga bermain lego bersama-sama.

Selain 13 hal tersebut diatas orangtua juga harus memberi contoh yang baik kepada anaknya tentang penggunaan Hp yang benar, jangan sampai ketika sedang bermain bersama dengan anak malah orangtua yang menggunakan Hp.
Jadi orantua harus memberikan informasi dan penjelasan yang tepat kepada anak tentang penggunaan Hp.

Demikianlah tips dari kang runa tentang cara mengatasi kecanduan Hp atau Gadget pada anak, selamat mencoba.

0 Response to "13 cara mengatasi kecanduan Hp pada anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel