6 Langkah Mencegah Tertular Corona Virus

mencegah penularan corona virus

Tentunya kalian sudah mengetahui banyaknya kasus yang terjadi, akibat Coronavirus yang melanda pada awal tahun 2020 ini. Virus yang terdeteksi pertama kali di Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019 telah menjadi perhatian publik saat ini.

Berdasarkan The Washington Post, 24 Januari 2020 di Cina terdapat 830 kasus yang sudah dikonfirmasi dan 26 kasus kematian akibat virus ini. Dan sekarang virus ini mulai menyebar ke beberapa negara, misalnya Thailand, Jepang, Republik Korea dan The Unitatd States.

Apa sih Coronavirus itu?

Nama coronavirus itu diambil karena partikelnya yang mirip mahkota. Corona yang berasal dari bahasa latin yang berarti mahkota.

Coronavirus adalah sejumlah virus yang dapat menyerang hewan maupun mamalia yang dapat menyebabkan penyakit pada saluran pernafasan. Gejalanya hampir sama dengan flu (batuk, pilek) dan bisa menjadi lebih parah.

Orang yang terserang ini gejalanya hampir sama dengan orang yang terserang MERS-CoV (The Middle East respiratory syndrome coronavirus) dan SARS-CoV (The Severe acut respiratory syndrome coronavirus). Dan virus yang sekarang ini dikenal dengan 2019-nCoV (novel coronavirus)

Apa saja tanda dan gejalanya?

Orang yang sudah terinfeksi virus ini mempunyai tanda  dan gejala yang berbeda-beda pada setiap individunya, hal ini tergantung dari tingkat keparahan dan jenis virus yang menginfeksinya, diantaranya yaitu:
  • Hidung meler
  • Nyeri pada tenggorokan
  • Pusing
  • Badan panas dan terasa tidak nyaman

Tanda dan gejala ini bisa menjadi semakin parah, bahkan bisa menjadi pneumonia dan bronkitis yaitu:
  • Demam tinggi dan tidak turun-  turun
  • Mengalami batuk berdahak
  • Dipsneu (nyeri saat bernafas)
  • Nafas pendek

Penderita coronavirus ini akan diperparah jika sistem kekebalan tubuhnya sedang turun, serta ada penyakit penyerta yang lain, misalnya mempunyai penyakit paru obstruksi menahun , gangguan fungsi hati dan jantung. Pada bayi, anak-anak dan orangtua coronavirus juga perlu diwaspadai.

Update 29 Januari 2019

Pengobatan Corona Virus

Terkait viralnya bawang putih sebagai obat virus corona, apakah benar fakta atau bukan?

Sebenarnya virus corona sampai sekarang belum ada obatnya secara pasti yang sudah di umumkan secara resmi.

Sifat kebanyakan virus sebenarnya akan mengkristal sendiri kalau daya tahan tubuh manusia menguat, dan pasien dapat sembuh dengan sendirinya.

Bila ada yang mengklaim bahwa bawang putih bisa menyembuhkan virus corona, mungkin saja tanpa bawang putihpun pasien bisa sembuh sendiri, karena daya tahan tubuh yang meningkat.

Pengobatan corona virus hanya bersifat mengobati tanda dan gejala yang muncul, contohnya kalau pusing, maka diobati dengan analgetik.

Tetapi pada tanggal 28 Januari 2020 pihak Tiongkok, klaim berhasil menemukan obat virus corona yang di kembangkan dari anti virus HIV.

Zat yang terdapat dalam obat anti virus HIV disebut "Nelvinafir" dapat mengurangi produksi sel virus Corona dan perkembangan pasien menunjukkan hasil yang memuaskan.

Bagaimana Penyebaran Coronavirus?

Penyebaran virus ini ditularkan lewat hewan ke manusia. Pada SARS penyebabnya adalah unta, dan pada MERS adalah kucing, sedangkan coronavirus di Wuhan belum diketahui penyebab pastinya dan sedang dilakukan penelitian.

Meskipun coronavirus  Wuhan ini tidak lebih mematikan di bandingkan SARS-CoV, virus ini juga dapat menyebabkan kematian. Pada SARS penderita mengalami diare,  badan lemas, tekanan pada pernafasan dan bisa sampai gagal ginjal. Presentase kematian pada SARS diperkirakan sekitar 0 - 50 % dengan resiko yang paling tinggi pada orang yang kekebalan tubuhnya turun.

Pada coronavirus Wuhan ini, perkembangan virusnya membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan SARS dan MERS. Penderita yang mengalami batuk dan nafas pendek yang semakin parah dan harus di bawa ke rumah sakit mencapai sekitar 15-20% hingga perlu dipasang ventilator.

Apa yang harus dilakukan untuk mengurangi penyebaran coronavirus?

Adanya coronavirus ini telah membuat penduduk menjadi lebih waspada, apalagi menghadapi liburan tahun baru imlek ini. Penduduk yang ingin pergi ke luar negeri harus berhati-hati dan menjaga stamina tubuhnya untuk mencegah terinfeksinya virus ini.

Bila ingin melakukan perjalanan ke luar negeri ada beberapa tindakan pencegahan, diantaranya yaitu:

1. Tetap tenang, selalu waspada dan jangan panik

Kita sebaiknya tetap tenang dan waspada, memberi jarak pada penderita atau menjauhi daerah yang sudah terserang wabah ini. Selalu menjaga kesehatan dan stamina agar tidak mudah terserang penyakit.

2. Terapkanlah PHBS (Prinsip Hidup Bersih dan Sehat)

Alangkah baiknya kalau kita selalu menerapkan prinsip hidup bersih dan sehat, terutama setelah kontak dengan penderita, misalnya dengan kita mencuci tangan dengan benar.

Berikut 6 langkah cara mencuci tangan yang benar yaitu:
- Dengan menggusap ke kedua telapak tangan
- Menggosok punggung tangan kanan dan kiri
- Kedua tangan dikuncikan
- Menggosok ibu jari kanan dengan cara memutar
- Menggosok ibu jari kiri dengan cara memutar
- Ujung jari memutar

Marilah kita lihat video berikut tentang 6 langkah cuci tangan agar lebih jelas:


3. Menghindari kontak dengan hewan/hewan pasar

Sebaiknya kita perlu menghindari hewan-hewan pasar karena corona virus ini penularannya melalui hewan.

Bila memang terpaksa, tidak ada salahnya menggunakan masker dan sebisa mungkin menghindari kontak langsung dengan kotoran hewan.

4. Menghindari kontak langsung dengan orang sakit

Kita perlu menghindari kontak langsung dengan penderita agar tidak tertular penyakit ini. Dan jangan sampai setelah kontak dengan penderita kemudian tangan kita mengusap muka, mata, hidung dan mulut, karena kemungkinan dapat menularkan virus ini. Setelah kontak sebaiknya cuci tangan yang bersih.

5. Menggunakan masker dan terapkan etika batuk

Ketika kita dekat dengan penderita sebaiknya menggunakan masker, karena penularan coronavirus ini dapat melalui partikel udara yaitu melalui batuk dan bersin dari penderita.

Penggunaan masker merupakan hal sepele tetapi bila dilaksanakan belum tentu orang akan konsisten dan benar menggunakannya.

Untuk lebih jelasnya tentang etika batuk bisa sobat lihat di video berikut:


6. Melakukan vaksin influenza

Meskipun vaksin ini tidak menjamin seseorang terhindar dari Corona virus, tapi vaksin ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh orang tersebut secara signifikan.

Bahkan vaksin ini bisa mencegah seseorang terkena virus H1N1 (Flu Babi) dan H5N1 (Flu Burung) tapi tidak mencegah flu biasa.

Pada jemaah haji dan umroh selain di wajibkan vaksin meningitis (gratis bagi jemaah haji) sangat disarankan untuk melakukan vaksinasi influenza (tidak gratis).

Kesimpulan:
Marilah kita bersama-sama bahu membahu meningkatkan kesadaran tentang pentingnya langkah-langkah mencegah penyebaran corona virus ini

Karena tidak hanya baik bagi kesehatan secara khusus tapi juga kesehatan secara umum bagi masyarakat di kehidupan sehari-hari

Bila bisa dilakukan hari ini kenapa tidak?

0 Response to "6 Langkah Mencegah Tertular Corona Virus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel