WoW Classic: Cara Efektif Farming Gold ala kangRuna 2020

Para sobat gamers,

Berikut cara farming gold World of Warcraft (WoW) classic secara efektif mulai dari noob sampai pro

Kita tahu kalau WoW Classic merupakan game MMoRpg padat player dari segala penjuru negara yang dipecah menjadi banyak server dan dua fraksi tiap server, Alliance dan Horde.

Di US (United States) sendiri terdiri dari 40 Server, di EU (European Union) ada 42 Server , terakhir di Oceania ada 4 Server, yang masing-masing server ada dua fraksi.

Dari sekian banyak server, penyebaran player hampir merata, akan tetapi kangRuna tetap sarankan untuk main di server US, dikarenakan bahasa yang mereka gunakan mayoritas adalah bahasa Inggris dan kecepatan ping lebih lancar disini, walau bisa disiasati dengan aplikasi seperti pingzapper.

System requirement untuk games WoW:


system req cara farming gold WoW


Berikut tips dan trik farming gold di WoW Classic:

1. Kumpulkan bahan dan material seiring leveling

Player noob pun bisa farming, walau tak seberapa. Caranya ambil profesi gathering dari level 1-60, seperti herbing dan skinning, atau boleh lainnya. Ambil dan kumpulkan material, item dan apapun yang berharga, dengan bantuan skill herbing atau skill gathering lainnya.

2. Pilih profesi yang terbaik

Herbing pilihan bagus karena kebanyakan player akan menggunakan potion untuk hunting.

Mining bisa jadi profesi yang menguntungkan terutama untuk blacksmithing dan engineering.

Untuk profesi skinning saya rasa kurang menguntungkan di awal main, dan memperlambat leveling karena kamu harus skinning setelah membunuh monster. Tetapi bisa sangat menguntungkan di high level monster seperti black dragon scale.
Tapi profesi apapun yang kamu pilih, Gatherer mod sangat membantu untuk mendeteksi herb dan mining spawn.

3. Buat char untuk disenchanting dan Bank char

Buat karakter kedua, naikkan levelnya dan jadikan enchanter. Seiring dengan naiknya level item, maka hukumnya adalah wajib untuk menaikkan level enchanter ini.

Berbeda dengan disenchanting char, bank char tidak perlu dinaikkan levelnya. Bank char ini akan sangat menghemat biaya travel dan waktu. Mail saja item-item yang mau dijual di auction atau disimpan ke char bank ini. 

4. Monitor material disenchanting di auction house 

Lihat harga-harga material low level enchanting seperti strange dust dan cek juga item-item berwarna hijau yang dijual player lain.

Enchantrix mod akan membantumu produk disenchantment yang paling profit.

Manfaatkan naik turunnya harga auction dengan addons Auctioneer dan Aux, addons ini sangat membantu untuk mengetahui harga item murah dan dijual dengan harga tinggi.

Beli saat harga sedang turun (biasanya saat stok banyak di pasaran) dan jual saat harga sedang tinggi-tingginya.

5. Grinding crafting material dalam dungeon

cara cepat farm gold wow classic


Matrial tertentu akan spawn di dalam dungeon, cara untuk menambang matrial-matrial ini adalah dengan mengalahkan monster-monter di sekitarnya atau dengan skill stealth agar tidak terlihat oleh monster-monster tersebut.

Class Rogue dan Druid biasanya yang farm disini, dikarenakan mereka punya skill stealth, dan dengan trik ini bisa menghasilkan sampai 25 gold per jam.

Beberapa dungeon memang perlu skill khusus seperti: Fadeleaf yang digunakan rogue untuk skill stealth. Scarlet monastery dan dungeon-dungeon lain juga mudah di farm oleh class yang memiliki skill stealth dan herbalism. Grave moss salah satu material yang mudah di kumpulkan di dungeon Scarlet graveyard cemetery. Dark iron ore juga mudah di farm oleh rogue dan druid dalam dungeon Blackrock depths.

6. Farm dungeon drop

Selain material dalam dungeon juga profit untuk farm drop monster. Cloth contohnya yang bisa dijual dengan harga lumayan dan kebanyakan monster drop material ini. Righteous orb juga dropable monster yang bisa dijual karena dibutuhkan untuk Crusader enchant.

Dikarenakan ada batas dungeon reset per jam, lebih utamakanlah dungeon yang lebih banyak material dropnya dan lebih banyak monsternya. Bisa juga sembari menunggu reset, kamu bisa leveling char kedua.

7. Fishing


cara farming gold WoW classic

Di waktu senggang atau kegiatan ringan seperti menonton tv, kamu bisa memancing ikan: Deviate fish yang banyak dicari untuk membuat savory deviate delight, atau ikan Oily blackmouth dan Firefin snapper yang digunakan untuk alchemy.

Kelebihan dari fishing ini kamu bisa semi AFK dan melakukan kegiatan sehari-hari yang ringan, bisa juga di sela-sela waktu kesibukan sobat.

8. Hemat

Fokus pada skills, repairs, dan mounts, jangan beli yang lain dulu, seperti material untuk upgrade, kecuali harga material sudah murah dari biasanya.

9. Farming Dire Maul East Dungeon

cara farming gold WoW classic


Jika kamu mengambil warlock dengan high tier gear dan level tinggi, kamu bisa solo farm di dungeon ini, dengan trik jangan terlalu sering terkena hit musuh.

Dengan trik ini kamu bisa menghasilkan rata-rata 120 gold per jam, bahkan ada yang sampai 190 gold/jam. Wajib mengambil skill mining untuk memaksimalkan gold per jam.



cara farming gold World of warcraft classic


Bila dengan hitungan harga jual gold saat ini di situs playerauction sebagai acuan, yaitu 10 gold = $1,2. Maka dalam satu jam kamu menghasilkan $14,4 dikalikan 5 jam saja = $72 x rp 13.500 = 972.000 rupiah per hari (5 jam farming).

Tapi tips ini berlaku untuk high level player dengan trik main yang tepat. Dengan level dibawahnya kamu tetap bisa farm dengan hasil di bawah itu.

Keep leveling sobat gamers!

8 Responses to "WoW Classic: Cara Efektif Farming Gold ala kangRuna 2020"

  1. Spesifikasi minimum komputer untuk bisa main game world of warcraft berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Updated, thanks masukannya mas john :)

      Delete
    2. Setelah dilihat laptopku gak mampu, RAM cuma 1 GB..

      Delete
  2. Wah kayaknya seru juga nih game World of Warcraft, sayang kan klo space besar gax di manfaatin... 😄😄

    ReplyDelete
  3. Sangat menanrik ne kang tulisannya.
    Buat pemula jika ingin memulai, gmn y bagusnya kang?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups game yg sangat cocok buat wfh, apalagi musim covid19 ini, bisa seharian kita farming dan dapat duit

      Saran saya buat para pemula (termasuk sy juga hehe):
      1. Bulatkan tekat dulu, jgn sampai di tengah jalan leveling jenuh dan berhenti gara2 tidak menghasilkan. ingat ya tidak ada yang instan di hidup ini kecuali judi dan mie instan

      2. Cari game yg paling sreg atau cocok dengan style sobat, jenis game bisa cari2 di postingan saya, mulai dari yang free sampai berbayar.

      3.Gabung dengan clan/guild indonesia, banyak kok, gunakan komunikasi yang baik.

      4. Jangan mudah menyerah, terus baca-baca sumber, forum, tips trik dan lain lain

      5. Keep enjoy, jangan di buat spaneng, nanti ndak stress karena targetnya cari duit melulu. lol

      Delete
  4. kang sya sebenarnya tertarik buat farm wow tapi masih bingung cara menjual gold nya ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya ada di post sy tentang playerauctions, sdh terbukti aman, asal sesuai aturan ya, cb di search aj

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel